Naskah Drama



Jalil adalah anak seorang pemimpin sebuah pesantren, ia awalnya tidak mau menuntut ilmu di pesantren tempat ibunya mengajar, tapi karna ibunya sudah sakit-sakitan, akhirnya ia memaksakan diri juga untuk belajar disana.
Karna niat dari awalnya memang tidak ikhlas, ia belajar disana dengan tidak serius dan selalu bersikap nakal bersama beberapa temannya.
Sampai suatu hari, ibunya memanggilnya ke kantor dan menasehatinya.
IbuAminah:    “Nak, sikapmu itu sudah keterlaluan, ummy ini pemimpin pesantren,                      kamu tahu kan ?! seharusnya kamu itu bisa menjadi contoh yang baik bagi santri lainnya...”  
Jalil          :  “Iya...Iya....Ummy....”(dengan acuh)
                        “Jalil sudah tau Ummy, ini kalo ga’ salah udah yang ke 100 kalinya Ummy ngomong kayak gitu... Ummy cerewet banget sih!!”
Ibu Aminah: “astagfirullah nak....” (sesak nafas)
Jalil            : “ini Ummy... (memberikan inhaler) kalau sudah begini siapa yang repot coba....”
Ibu Aminah: “Ya sudah.... keluar sana...”
Jalil pun pergi meninggalkan ruangan Ibunya, Didepan sudah  menunggu teman-teman satu geng Jalil yang juga nakal-nakal.

   Anggun          : “Woii ulil... habis di ceramahin yaa....!!”
   Jalil               : “Iya nih, sampai kambuh asma Ummy gue tadi...”
   Maimunah     : “Hahahahaha..... tega amat loe!!”
  Surti               : “Apa?!! Loe bikin Ummy loe asma?”
  Jalil                 : “Tulalit!! Kan dari tadi gue bilang...”
  Surti            : “Eh... iya yah...”
           Ketika mereka sedang ngobrol lewatlah 2 orang santri, yang membawa buku-buku.
Anggun          : “Eh, itu tuh, penerus Ummy loe...”
Maimunah     : “Kita gangguin yuuk...”
Aisyah dan Milah: “permisi... numpang lewat dong...”
Jalil                : “Ngapain loe kesini,hah??!
         Maimunah lalu menjatuhkan buku-buku yang dibawa oleh Aisyah dan Minah, lalu Jalil dan teman-temannya menginjak-injak buku tersebut.
Milah                   : “jangan dong... kami udah capek-capek tau! Kami udah jemput dari perpustakaan, lewat WC bau dulu,lewat kantin, trus ke UKS, ke kelas- kelas , balik lagi ke perpustakaan.....dst
         Ketika Milah sedang bicara, Jalil dan kawan-kawannya pergi meninggalkan
Mereka. Milah pun ternganga.
Milah              : “Eh, maaf Aisyah sini aku bantuin...”
         Dikelas, ketika Jalil sedang asyik ngobrol dengan teman-temannya,Datang
Ibu Aminah.
Ibu Aminah   : “Jalil, Udah masuk zuhur, ayo cepat ke mushalla, hari ini kamu yang jadi imamnya...”
Surti              : “iih... imam...”
Jalil                : “ah...gue males banget nih jadi imam, loe aja deh...” (menunjuk anggun)
Anggun          : “Enak aja loe! Loe semua pada males kan ikut sholat berjamaah??  Ahaaa.... gue ada ide”
                       (berbisik-bisik)
         Jalil dan teman-temannya pun ke mushala, sesampai disana ia ditunjuk menjadi imam, awalnya semua santri shalat dengan khusyuk sampai pada saat sujud pada rakaat kedua, ternyata Jalil dan teman- temannya melarikan diri.
         Setelah semua santri sujud selama kurang lebih 5 menit, Milah pun akhirnya menyadari.
Milah              : (celingak-celinguk)
                       “Aisyah... Aisyah... lihat imamnya udah ga’ ada lagi...”
Aisyah            : “Ibu...Ibu... lihat...”
Ibu Aminah    : “astagfirullaaaaah.... Hik... Hik... (sesak nafas)
                        (Milah pun memberikan inhaler kepada Ibu Aminah)
“Anak – anak nakal...!!!”
Milah               : “iih... ngapain sih anak –anak itu, bener – bener! “
Aisyah            : “udah mil, sabar...”
            Aisyah dan milah merasa sangat kesal melihat sikap Jalil dan teman-temannya.
Sesampainya dikelas...
Aisyah                        : “kalian tidak pantas bersikap seperti itu!! Shalat itu bukan untuk
                        Permainkan!
                        (firman)
Jalil                 : “loe tu cerewet banget sih, klau itu mah kami juga udah tau....!”
Surti               : “Iya, kami udah tauu...”
Maimunah       : “loe berdua tu ga’ usah sok ngajarin kita – kita deeh...”
Milah               : “Masya Allah.... kalian ini udah di bilangin, masih aja keras kepala!”
Anggun           : “loe semua ngapain sih pada ngedengerin ceramah dari para
                        Ustadzah nyasar ini... pergi aja yuk...”
                        (mereka pergi sambil melabrak Aisyah dan Milah)
            Mereka semua lalu pergi ke suatu tempat.
Maimunah       : “iih, nyebelin banget sih mereka itu, sok ngatur banget”
Surti               : “iya, mereka nyebelin banget deh...”
Jalil                 : “ liat aja ntar mereka semua gue bales...”
Anggun           : “Ahaaa... gue ada ide...”
Jalil                 : “apa??”
Anggun           : “sini.. sini..”
                        (berbisik – bisik)
Surti               : “loe tadi bilang apa? Ulang dooong...”
Maimunah       : “aduuh,surti amelia, loe tulalit banget sih!!
            Mereka lalu pergi ke kelas untuk menjalankan rencana mereka.
Anggun           : “Udah sepi nih, kita mulai sekarang aja yuk...”
Jalil                 : “Nih, udah gue beli lemnya...” (menyerahkannya ke Maimunah)
Maimunah       : “iih, ga’ ah... jijay... ga’ steril... ntar tangan gue banyak kuman, mana lengket lagi!!                      
Anggun           : “loe sok kecentilan banget sih... sini!! Biar gue aja...”
            Setelah selesai memasang lem pada kursi Aisyah, tiba- tiba datang Surti yang tulalit.
Surti               : “haiii.... jadi kan rencana buat ngerjain si Aisyah itu??”
                        (sambil duduk di kursi aisyah)
Jalil,Maimunah dan Anggun: “ Eh...Eeeh!!!”
            Belum sempat mereka mengatakan pada surti, datang Aisyah dan Milah untuk mengambil buku-buku yang ada di meja guru dan pergi keluar.
Surti               : “Aduuuh, apaan sih ini ? lengket- lengket di kursi...”
Jalil                 : “itu lem tau!!, gagal deh rencana kita...
Maimunah       : “iya ya Jalil...gara- gara si Surti bego ini nih...
Surti               : “gue kan ga’ salah, kok gue sih yang kalian kerjain...”
Anggun           : “Surti amelia, kursi yang loe dudukin itu kursinya Aisyah yang udah kita kasih lem... dan loe dengan tololnya duduk disana... tulalit!!
Surti               : “Eh, gitu yah... sorry deh, sorry...”
Jalil                 : “gue ga’ terima, gue harus buat perhitungan sama tuh cewek, gue bakalan nglabrak tuh cewek!!”
Maimunah       : “ jalil, ikuuuut...”
Jalil                 : “ga’ usah! Loe disini aja...”
Surti dan anggun: “huuuuu....”                                                                               
            Jalil pun pergi menemui Aisyah dan Milah
Jalil                 : “Eh, loe berdua!!! Sini! cari muka banget sih loe,mau loe tu apaan sih!!...”
Milah               : “kamu kenapa sih jalil? Kita kan ga’ salah apa-apa...
Aisyah            : “ya udah Milah, sabar...”
Jalil                 : “banyak gaya lu Aisyah, sok pake sabar segala!!”                     
             Di kelas...
Maimunah       : “Gue liat keadaan Jalil dulu ya... ntar Jalil kenapa- napa lagi...
             Beberapa saat kemudian...
Maimunah       : “woii... gawat!!!”
            Datanglah Maimunah, Surti dan Anggun ke tempat Jalil.
Anggun           : “Eh, Loe tu beraninya cuma sama satu orang aja ya! Sini lawan kami!
Maimunah       : “berani ga’ lo berdua??”
Jalil                 : “loe tu apa – apaan sih, kan tadi udah gue bilang jangan ikut- ikutan... “
Surti               : “Jalil, Ummy loe tuh..”
Maimunah       : “iya, itu beneran Jalil...”
                        (Jalil melihat kebelakang)
Ibu Aminah    : “Aduh jaliiil, kenapa kalian bertengkar, itu  tidak pantas
                              (firman)
                              (jalil dan teman- temannya mencemooh)
Ibu Aminah         : “Ah, kalian ini masih saja membangkang, kalian ini sudah besar, tidak pantas bersikap masih seperti anak- anak, untuk apa kalian semua menuntut ilmu di pesantren ini kalau kalian masih saja tidak berubah, ilmu kalian tidak akan diridhai Allah...
Maimunah,Surti dan Anggun: “yaaaa buuuk....”
Ibu Aminah         : “Jalil! Ikut Ummy ke dalam...”
               Di ruangan Ibu Aminah...
Ibu Aminah    : “Nak, sudah berapa kali Ummy bilang, kamu tu harus berubah nak, kamu itu anak Ummy, kamu seharusnya yang harus jadi contoh di sini...
Jalil                : “tapi my....”
Ibu Aminah    : “Ummy sudah tua jalil, Ummy sudah sakit-sakitan, siapa lagi yang akan menggantikan Ummy kalau bukan kamu,Nak...”
Jalil                 : “maafin Jalil Ummy....”
Ibu Aminah    : “iya... tapi kamu juga harus minta maaf sama Aisyah dan Milah...”
Jalil                 :”tapi Ummy mereka kan...”
Ibu Aminah    :”sudaaah, jangan membantah lagi cepat minta maaf sana!”
Jalil                 : ”ya ummy... aku keluar dulu... assalamualaikum
Ibu Aminah    : “walaikumsalam...
               Jalil pun pergi Menemui Aisyah dan Milah...
Jalil                 : “Aisyah, tunggu...”
Aisyah            : “ada apa??”
Jalil                 : “ngg... maafin gue ya aisyah...”
Aisyah            : “iyaa... ga’ apa-apa kok lil....”
               Ketika Aisyah dan Jalil sedang bicara, tidak sengaja Maimunah lewat
 Dan bersamaan dengan itu Milah datang.
Jalil                 : “o iya... lu juga Mil, maafin gue ya...”
               (Milah diam)
Aisyah            : “  Milah, maafin jalil ya, memaafkan itu kan perbuatan yang di muliakan Allah...”
Milah               : “iyaa.... dimaafin kok...”
               Dikelas...
Maimunah       : “nggun, gue tadi liat Jalil minta maaf ke Aisyah...”
Anggun          : “hah?! Kok bisa ?! ga’ mungkiin?! kesambet setan apaan tu anak,
                              Kok dia jadi berubah gitu...”
Maimunah       : “iyaa... gue liat sendiri, mereka mesra banget...”
Anggun          : “cemburu loe??”
Surti              : “ cieee... ciee... ada yang cemburu... Eh, loe cemburu sama siapa                                         sih Mai??”
Maimunah      : “kemana aja sih loe?!!
Surti               : ga’ kemana- mana, gue dari tadi di sini aja kok, ya kan nggun??”
Anggun           : (memukul ayu)
Maimunah       : “kita tu dari tadi ngomongin si Jalil, dodol!!
Surti               : “Oooo...”
               Keesokan harinya...
Aisyah            : “Milah, ke perpustakaan yuk... ada yang mau diambil sebentar...”
Milah               : “ok deh, Aisyah...”
               Tiba-tiba di depan perpustakaan, Maimunah sudah menunggu....
Maimunah       : “Eh, Aisyah, loe tu biasa aja dong! Loe tau ga’? si Jalil itu gebetan gue...!! kegatelan banget sih loe!! Ngapain loe kmrin godain si jalil??!
Aisyah            : “siapa yang kamu maksud seperti itu?? Kami kemarin hanya ngobrol biasa saja mai...”
               Mendengar ada keributan,datanglah Ibu Aminah...
Ibu Aminah    : “ada apa kalian ini?!”
Minah              : “hmm... anu... anu... bu...”
Ibu Aminah    : “apanya yang anu anu? Bicara itu yang jelas...”
Minah              : “gini bu, ada sedikit salah paham saja antara Aisyah dan Maimunah...”
Ibu Aminah    : “hei, kalian berdua apa masalahnya?jangan cari masalah, kalian mau kena kasus??
Aisyah dan Maimunah: “tidak bu!!
Ibu Aminah    : sekarang ayo ikut Ibu ke kantor!”
               Dikantor...
Ibu Aminah   : “Allah itu memperingatkan manusia untuk menjaga hubungan silaturrahmi dengan orang lain
                        (firman)
Aisyah dan Maimunah: (tertunduk diam)
Ibu Aminah    : “sudah, sekarang kalian berbaikan!”
Aisyah dan Maimunah: (bersalaman)
Maimunah       : “maafin gue!!”
Aisyah            :”aku juga...”
Maimunah       : “kita permisi dulu ya buk, assalamualaikum...”
Ibu Aminah    :”yaa... walaikumsalam, Eh, Aisyah tunggu! Ibu boleh minta tolong?”
Aisyah            : “apa bu?”
Ibu Aminah    : “kamu taukan Jalil akhir akhir ini begitu nakal, Ibu minta tolong ya, sama kamu untuk memperingatkannya, karna sepertinya hanya kamu yang bisa membantu...”
Aisyah            : “iya buk... sebisa saya, saya kembali ke kelas dulu ya buk...
                        Assalamualaikum...”
Ibu Aminah    : “walaikumsalam...”
               Keesokan harinya...
Jalil                 : “gue bukan maksudnya buat menasehati kalian, tapi gue rasa semua perilaku kita dulu keterlaluan, kita ga’ pantas bersikap seperti itu, kita sudah mulai dewasa, udah saatnya kita berubah demi masa depan.” (firman)
                        “Ayo kawan, mari tegakkan agama islam!!!”
               (Anggun dan Surti mengangguk-angguk)
Surti               :”ayoo!!! Gue ikut loe deh ulil...”
Anggun           : “gue juga!! Eh, loe gimana mai?!
Maimunah       : (diam)
                        “loe semua kok berubah secepat ini sih?!! Semuanya pasti gara –gara si Aisyah!!”
Jalil                 : “ga’ ini semua dari diri kita sendiri kok mai!...
Maimunah       : “aah,banyak bacot loe!!
Surti               : “hah?! Bekicot??”
Anggun           : (memukul Surti)
               Maimunah lari, dan pergi ke suatu tempat...
Maimunah       : (menangis)
Surti               : “Udaah...jangan nangis lagi...”
Maimunah       : “gue ga’ mau Jalil tobat Cuma gara-gara Aisyah doang...
                        Loe berdua juga, ngapain ikut-ikutan mereka?!! Gue kayak di khianati...”
Surti               : “kita tu tobatnya bukan karna aisyah, tapi karna kemauan kita sendiri kok mai...”
 Anggun          : “iya mai... kita tetap temenan kok! Loe tu ga’ harus merasa dikhianati...”
Maimunah       : “tapi gue ga’ terima, kalau Jalil tu tobat, otomatis kan dia bisa deket sama Aisyah...
 Jalil               : “gue tobat karna kemauan gue sendiri kok Mai,bukan karna siapa- siapa...”
Milah               : “iya...semuanya ini bukan gara-gara aisyah Mai...”
Maimunah       : “tu kan? Kalian belain Aisyah terus!”
Anggun           : “lo tu kenapa sih,Mai?? Masih, aja keras kepala...
Surti               : “gue tau, lo tu ga’ bisa nerima karna lo cemburu kan? Ya kan? Ya kan?
Maimunah       : “apaan sih loe?”
Aisyah            : “antara aku dan Jalil itu ga’ ada apa-apa kok Mai, kita Cuma temenan aja kok, ga’ lebih...”
Jalil                 : “iya, kita semua itu sahabat, loe dan Aisyah itu sama-sama sahabat gue... ga’ ada satupun yang istimewa... semuanya sama...”
Maimunah       : (diam)
                        “maafin gue ya teman- teman, gue ga’ pantas bersikap kayak gitu, seharusnya gue sadar kalau kita semua itu sahabatan...”
Jalil,Aisyah,Surti,Anggun dan Milah :”gitu dong Mai....”
Ibu Aminah    : “subhanallah.... udah rukun ya anak –anak Ibu...
                        Syukurlah.... Ibu senang...
Jalil                 : “iya dong Ummy...”







0 komentar:

Poskan Komentar

About Me

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

Lhaa :) Copyright 2010 ~ Designed by Rinda's Template ~ Inspired by Ipiet Template ~ Author by Lhaa :)