penelitian minat dan bakat

PENELITIAN TENTANG UNIVERSITAS YANG DITUJU SISWA KELAS XII IPA
SMAN 1 GUNUNG TALANG








“XI IPA 2”


SMAN 1 GUNUNG TALANG
TP : 2010/2011



LATAR BELAKANG
Semester dua ini merupakan saat yang paling menentukan bagi para siswa untuk menentukan naik atau tidaknya ke kelas yang lebih tinggi, baik bagi siswa X maupun kelas XI. Bagi siswa kelas X, Semester dua merupakan penentuan penjurusan kelas yaitu kelas IPA dan IPS, dan kelas XI menentukan naik atau tidaknya ke kelas XII.
Sementara itu bagi siswa kelas XII, Semester dua merupakan saat yang paling menentukan masa depan mereka karena para siswa harus mengikuti serentetan Ujian yang dilaksanakan baik oleh pihak Sekolah (US) maupun yang diselenggarakan oleh Pemerintah (UN). Ujian-ujian tersebut tentu sangat menentukan lulus atau tidaknya mereka agar dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu Perguruan Tinggi yang mereka inginkan.
Setiap siswa kelas XII tentu menginginkan masuk ke Perguruan Tinggi yang terbaik. Ada yang memilih dalam daerah tempat tinggal mereka, ada pula yang memilih ke luar daerah. Namun ada juga yang memilih Perguruan Tinggi berdasarkan kualitas. Tentu masing-masing siswa memiliki target dan alasan yang berbeda-beda.
Oleh karena itu, timbullah keinginan kami untuk mengadakan penelitian tentang Perguruan Tinggi mana yang paling diminati oleh siswa-siswi kelas XII.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan kelompok kami mengadakan penelitian ini adalah :
• Untuk mengetahui Perguruan Tinggi yang akan dituju oleh siswa/siswi kelas XII SMAN 1 Gunung Talang.
• Untuk membandingkan Perguruan Tinggi mana yang lebih diminati oleh para siswa SMAN 1 Gunung Talang, apakah yang berada di Pulau Sumatera atau yang berada di Pulau Jawa.













LANDASAN TEORI
Perguruan Tinggi merupakan hal yang paling penting dalam menentukan masa depan seseorang. Baik atau tidaknya suatu Perguruan Tinggi yang akan dipilih nanti, tentunya akan menentukan prospek kerja maupun Sumber Daya Manusia. Perguruan Tinggi yang dipilih pun juga harus berkualitas dan memiliki staf pengajar yang baik, semua hal itu pulalah kriteria yang harus dipilih dalam menentukan Perguruan Tinggi yang akan di tuju nanti terutama bagi siswa kelas XII.
Untuk menentukan Perguruan Tinggi pun juga harus penuh kehati-hatian, begitu juga dengan jurusannya, harus sesuai minat dan bakat yang kita miliki. Setiap Perguruan Tinggi pun juga memiliki beberapa jurusan unggulan mereka masing- masing, itu juga menjadi salah satu dasar untuk siswa siswi kelas XII untuk menentukan jurusan yang mereka tuju nantinya.
Nilai UN mereka pun juga sangat berpengaruh terhadap Perguruan Tinggi yang akan di tuju karna semakin baik kualitas suatu Perguruan Tinggi maka standar nilai yang mereka jadikan syarat masuk ke Perguruan Tinggi itu pun juga akan semikin tinggi agar mereka benar-benar bisa mendapatkan sumber daya yang berkualitas.
Setiap siswa pasti memiliki Perguruan Tinggi idaman mereka masing-masing,pasti ada berbagai macam alasan yang mereka miliki untuk itu, dan setiap siswa pasti menginginkan masa depan yang cerah nantinya.
HIPOTESA
Menurut hipotesa kelompok kami kemungkinan besar Perguruan Tinggi yang paling banyak dituju oleh siswa – siswi kelas XII IPA SMAN 1 Gunung talang adalah Perguruan Tinggi yang berada di Pulau Jawa, seperti UI (Universitas Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung), UGM (Universitas Gajah Mada), STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara), dan Perguruan Tinggi lainnya.











HASIL PENELITIAN
Dari penelitian yang dilakukan maka diperoleh data sebagai berikut :
Tabel 1. Data Perguruan Tinggi yang dituju oleh siswa kelas XII IPA 1 :
No Nama Universitas Jumlah peminat
1. 4 orang
2. ITB 7 orang
3. UGM 4 orang
4. STAN 0 orang
5. STPDN 0 orang
6. UNAND 3 orang
7. UNP 4 orang
8. Paramadina 0 orang
9. IPB 1 orang
10. UNAIR 2 orang
11. UNDIP 1 orang
12. UNPAD 2 orang
Jumlah siswa : 28 orang


Grafik 1. Universitas yang dituju siswa kelas XII IPA 1
Dari tabel diatas terlihat bahwa universitas yang pling banyak dituju oleh siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Gunung talang adalah ITB sebanyak 7 orang siswa dari 28 oarang siswa. Lalu di ikuti dengan UI,UGM, dan UNP masing- masing sebanyak 4 orang siswa, UNAND sebanyak 3 orang, UNAIR dan UNPAD masing- masing sebanyak 2 orang, UNDIP dan IPB sebanyak 1 orang. Sedangkan Universitas Paramadina, STPDN, dan STAN tidak dipiih.










Tabel 2. Data Perguruan Tinggi yang dituju oleh siswa kelas XII IPA 2 :
No Nama Universitas Jumlah peminat
1. 1 orang
2. ITB 7 orang
3. UGM 3 orang
4. STAN 0 orang
5. STPDN 0 orang
6. UNAND 6 orang
7. UNP 0 orang
8. Paramadina 0 orang
9. USU 2 orang
10. UNAIR 0 orang
11. UNDIP 0 orang
12. UNPAD 0 orang
Jumlah siswa : 19 orang


Grafik 2. Universitas yang dituju siswa XII IPA 2

Dari data di atas terlihat bahwa universitas yang paling banyak di tuju oleh siswa kelas XII IPA 2 SMAN 1 Gunung talang adalah ITB yaitu sebanyak 7 orang siswa, lalu UNAND sebanyak 6 orang, lalu diikuti dengan USU sebanyak 2 orang siswa dan UI 1 orang, untuk STAN,STPDN,UNPAD,UNDIP dan lain-lain tidak ada yang memilih.











Tabel 3. Data Perguruan Tinggi yang dituju oleh siswa kelas XII IPA 3 :
No Nama Universitas Jumlah peminat
1. 3 orang
2. ITB 6 orang
3. UGM 1 orang
4. STAN 2 orang
5. STPDN 4 orang
6. UNAND 4 orang
7. UNP 3 orang
8. Paramadina 2 orang
9. USU 0 orang
10. UNAIR 0 orang
11. UNDIP 0 orang
12. UNPAD 0 orang
Jumlah siswa : 25 orang


Grafik 3. Universitas yang dituju siswa XII IPA 3

Dari data di atas terlihat bahwa universitas yang paling banyak di tuju oleh siswa kelas XII IPA 3 SMAN 1 Gunung talang adalah ITB sebanyak 6 orang siswa, lalu STPDN dan UNAND masing-masing sebanyak 4 orang siswa, UI dan UNP sebanyak 3 orang, STAN dan Universitas Paramadina masing- masing sebanyak 2 orang dan UGM sebanyak 1 orang.






PENUTUP
KESIMPULAN
a. Siswa kelas XII IPA SMAN 1 Gunung talang paling banyak memilih ITB untuk melanjutkan pendidikannya setelah lulus SMA, di ikuti dengan UI,UNAND,UGM STPDN dan lain-lain.
b. Siswa KELAS XII IPA SMAN 1 GUNUNG TALANG lebih banyak memilih perguruan tinggi yang ada di pulau Jawa daripada yang ada di Sumatera barat.
SARAN
Hendaknya kita memilih Perguruan Tinggi sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki. Karna semua itulah yang akan menentukan masa depan kita kelak.
 

Lhaa :) Copyright 2010 ~ Designed by Rinda's Template ~ Inspired by Ipiet Template ~ Author by Lhaa :)